Skip to main content

5 LANGKAH MUDAH MEMBUAT RPPH PAUD

          Awal tahun ajaran baru telah tiba. Saatnya untuk para guru memulai aktivitas mendidik putra putri bangsa, untuk disiapkan menjadi generasi penerus yang bisa diandalkan dimasa depan. Berbagai perangkat pembelajaran perlu disiapkan demi tercapainya target pendidikan paud yakni menyiapkan peserta didik agar siap melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi yakni sekolah dasar.
           Adapun langkah-langkah mudah untuk menyusun RPPH atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian yaitu dengan menyiapkan semua perangkat pembelajaran sebagai berikut :

1. Menyusun Kalender pendidikan khusus Paud/RA/TK 
         Menyusun kalender pendidikan adalah kegiatan membuat jadwal yang disesuaikan dengan kalender pendidikan baik dari dinas pendidikan maupun dari departemen Agama yang disesuaikan dengan kegiatan khas sekolah. Misalnya :


BULAN           :           JULI 2018
HARI
TANGGAL
 MINGGU
1
8
15
22
29
SENIN
2
9
16
23
30
SELASA
3
10
17
24
31
RABU
4
11
18
25

KAMIS
5
12
19
26

JUM’AT
6
13
20
27

SABTU
7
14
21
28

KET :
02-07 juli          : Libur Idul Fitri
09 Juli               : Hari Pertama Sekolah [HPS]
09-13 juli          : Masa Orientasi Anak
14 juli               : Masa Orientasi Ortu
16-20 juli          : Masa Sosialisasi Sentra
23-27 juli          : Identitasku

BULAN           :           AGUSTUS 2018
HARI
TANGGAL
 MINGGU

5
12
19
26
SENIN

6
13
20
27
SELASA

7
14
21
28
RABU
1
8
15
22
29
KAMIS
2
9
16
23
30
JUM’AT
3
10
17
24
31
SABTU
4
11
18
25

KET    
30/7-03/8          : Diri Sendiri/ Identitasku
06-10 Agustus   : Ciri-Ciri Tubuhku
1317 Agustus   : Hari Kemerdekaan
20-24 Agustus   : Hari raya Idul Adha
27 – 31 Agustus : Panca Indra
07 Agustus        : Berenang
21-23 Agustus   : Libur Idul Adha
25 Agustus        : POMG


Penyusunan kalender tersebut berpatokan pada kalender pendidikan yang diedarkan oleh Dinas  Pendidikan setempat. Lalu kita sesuaikan dengan tema pembelajaran. Bila kita akan membuat program pembelajaran pada semester 1 maka kalender pendidikan disusun sesuai Tema  dan Sub Tema semester 1 yaitu :

1. Diri Sendiri ( Identitasku, ciri-ciri tubuhku, kesukaanku ( Mainan, hobi) dan lain-lain.
2. Keluargaku ( Ayah, Ibu,Adik, kakak,kakek,nenek, Tugas anggota keluarga)
3.Lingkunganku ( Rumahku : Bagian-bagian rumah, Alat-Alat yang ada didalam rumah, kegunaan rumah)
4. Kebutuhanku ( Makanan : Jenis-jenis makanan sehat, Manfaat makanan dan minuman, Alat-alat yang digunakan saat makan )
5.Binatang ( Binatang kesayangan, Misal : Kucing, Ikan, Kelinci. Binatang Buas : Harimau, Singa. Binatang yang hidup dilaut : Ikan, cumi-cumi, Udang)
6. Tanaman ( Buah, Sayuran, Tanaman Hias, Pohon)

2.  Menyusun Program Semester
            Selanjutnya setelah membuat kalender pendidikan khusus Paud/TK/RA kita akan menyusun Program Semester. Program Semester berisi sejumlah kegiatan yang akan kita lakukan dalam satu semester meliputi Kegiatan pembelajaran harian dan kegiatan pendukung seperti Berenang, kegiatan ekstrakuliuler,  fieldtrip, perayaan hari besar keagamaan, HUT RI, hari anak nasional, hari guru, perayaan ulang tahun sekolah, POMG (pertemuan orang tua murid dan guru), dan lain-lain.

            Program semester atau prosem isinya dimulai dari kode Kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum. Di pasar, kami menggunakan kurikulum 2013 atau K 13 yang terdapat kompetensi dasar nilai agama dan moral, sosial emosional ( sosem) bahasa dan seni. Kemudian pada kolom sebelahnya ada tema, sub tema dan alokasi waktu.


 3.  Menyusun Program Tahunan

             Program tahunan yang sering disingkat prota terdiri dari nama program tahunan, nama instansi TK atau RA, Sub tema, materi yang akan diajarkan dan alokasi waktu pembelajaran dalam satu minggu. Prota disusun biasanya sebanyak 17-18 minggu aktif. Materi didapat dari kurikulum yang telah dipilih dan disesuaikan dengan tema.
     
4.  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian
            Sesuai namanya program ini adalah perangkat  harian yang akan banyak digunakan oleh guru saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran dikelas. RPPH merupakan patokan kegiatan apa yang akan dilakukan guru bersama siswanya sejak pagi hingga pulang.
Adapun Isi RPPH berisi nama RPPH, semester, tema, sub tema, minggu, tanggal dan tahun ajaran. Lalu ada kode indikator, materi yang akan diajarkan, tujuan dari materi ajar, kegiatan main dan  bahan main.

Urutan kegiatan dalam RPPH mulai dari berbaris, Jasmani , kegiatan Pembukaan yang isinya Berdo'a, bernyanyi, kegiatan pembiasaan. Kegiatan Inti adalah kegiatan yang menjadi sasaran utama dari materi ajar. Kemudian kegiatan Istirahat ( Makan dan Bermain bebas) dan terakhir kegiatan penutup.

5. Menyiapkan Bahan Ajar dan Alat Peraga Edukatif
           Setelah selesai rancangan pembelajaran, yang kita buat selanjutnya adalah membuat bahan mainnya. Misalnya kita mengambil indikator Seni  3.15-4.15 Membuat berbagai hasil karya seni pada tema rumah, yaitu melukis gambar rumah pada media karton. Maka kita menyiapkan cat lukisnya, kuasnya, kartonnya, Atau bila kegiatannya mewarnai maket rumah, kita terlebih dahulu menyiapkan membuat maket rumah yang akan kita warnai. Dalam menyiapkan bahan main ada rumus tertentu bila anda menggunakan sistem pembelajaran BCCT (beyond center circle time) atau sentra.  Bila menggunakan sistem klasikal biasanya ada tiga kegiatan inti yang diakukan dalam sehari.

contoh kegiatan mewarnai maket terdapat dalam foto dibawah ini.



Comments

Popular posts from this blog

pantun pembuka jaman now Parenting POMG Tk

PANTUN PEMBUKA SALAM Acara Parenting POMG Tk Bunga Seroja harum baunya Diatas talam susun bertingkat Hati saya sungguh gembira Bila salam saya dijawab dengan semangat Assalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh Sungguh putih bunga melati Cantik kuntumnya harum baunya Banyak PR orang tua masa ini Banyaklah  belajar mendidik putra putrinya Burung serindit hinggap didahan melati Melati rebah terinjak si apaw Susah sedikit mendidik anak masa ini Yang katanya anak jaman now Mekar cantik mawar si Apaw Diatas pualam ia disimpan Susah mendidik anak jaman now Karena gadjed jadi mainan Bunga Aster tumbuh dilembah Disampingnya tumbuh bunga dahlia Karena belajar adalah ibadah Marilah kita simak dengan seksama Anggrek merah bunga yang langka Jagalah ia agar tak punah Supaya berkah ilmu diterima Janganlah lupa baca bismillah by. Tigris.Dikedamaian malam kota Medan 23 maret 2018

Lagu Anak Taman Kanak Kanak

Bunda Cipt. Angga Widodo Terima kasih bunda Untuk semua cinta Yang kau berikan pada diriku Tak akan ku lupa Budi dan jasamu Dan tak terbalas kasih sayangmu Lembut belaimu, jernih cintamu Putih kasihmu, seperti melati putih               Harum mewangi      ( salah satu lagu pengiring Senam Sehat Ceria 3 Berolah Raga Cipt.Adi Kitana Yuk teman-teman kita berolah Raga Biar badan sehat Tubuh menjadi kuat Putar kekiri putar kekanan Langkah kakimu 1...2...3... 1,2 kita bertepu tangan 3 4 kita bersorak-sorak Hore..hore..horee.. ( salah satu lagu pengiring Senam Sehat Ceria 3 Kesawah Cipt: Tigris Hari ini aku pergi kesawah Melihat hamparan padi menghijau Kulihat langit biru terbentang Alangkah besar ciptaan Allah Allahu akbar , Allahu Akbar Alamnya sungguh indah Banyak pohon yang berdiri tegak Indahnya sungguh luar biasa (lagu koleksi pribadi) Maju Maju

Lirik lagu masjid

    Mesjid adalah tempat ibadah umat islam. Didalamnya kita bisa melakukan ibadah sholat, mengaji, berdzikir, beribadah, bersedekah dan menuntut ilmu. Memperkenalkan mesjid pada anak sangat perlu dilakukan sedini mungkin agar kelak anak semakin akrab dengan mesjid.    Anak yang senang melakukan kegiatan dimesjid maka akan lebih mudah mendidiknya untuk menjadi anak yang taat dalam beribadah karena mendapat " Biah" atau lingkungan yang baik. Aktivitas orang dimesjid seperti sholat dan mengaji secara tak langsung mengajarkan anak cara beribadah.     Bagi anak usia dini, sebelum kita ajak anak kemesjid, ada baiknya kita perkenalkan dengan mesjid melalui lagu. Berikut ada lirik lagu dari Bunda Neno Warisman dan kawan-kawan.           Album a ba ta tsa Neno Warisman dkk   Dari masjid kudengar azan Dari masjid kudengar qur'an Dari masjid kudengar puji Bagi Allah ilahi Robbi   Reff. Masjid masjid aku datang Damai tentram dikalbu Didalammu kurasakan Belai kasih Ilahi (2x)